Buku merupakan bentuk cetakan yang tidak
bisa dijauhkan dari aktivitas belajar mengajar. Kebutuhan buku dalam
proses pembelajaran menjadi salah satu kebutuhan wajib dimana peran buku
utamanya dapat digunakan sebagai bahan ajar ataupun sumber belajar.
Peranan sebagai bahan ajar sekaligus sumber belajar ini hampir dapat
ditemukan pada setiap proses pembelajaran, hal ini banyak dikarenakan
penggunaan buku yang mudah, murah, dapat digunakan kapan saja dan yang
terpenting mampu memuat seluruh materi serta perangkat yang dibutuhkan
dalam pembelajaran dalam sebuah bahan cetak.
Sekolah maupun institusi penyelenggara
pendidikan lain sebagai pelaksana pendidikan sekaligus pusat kegiatan
pembelajaran berlangsung diharapkan mampu menyediakan sarana dan
prasarana atau fasilitas pendukung yang baik. Berkaitan dengan buku,
maka sekolah harus memiliki pusat koleksi buku dimana buku-buku tersebut
dapat digunakan seluruh personel sekolah terutama guru dan siswa untuk
mendukung kegiatan pendidikan atau pembelajaran yang dilangsungkan.
Fasilitas yang dimaksud adalah perpustakaan sekolah. Perpustakaan
sekolah dapat berfungsi sebagai tempat pembelajaran diluar kelas.
Namun perpustakaan sekolah tidak seperti perpustakaan pada umumnya. Perpustakaan
sekolah harus memiliki desain utama untuk mendukung kegiatan belajar
mengajar. Hal yang paling utama yang perlu diperhatikan adalah jenis
koleksi buku yang ada di perpustakaan sekolah. Buku yang berada di
perpustakaan sekolah harus didominasi oleh buku pelajaran, literatur,
ataupun referensi lain yang berhubungan dengan materi pembelajaran. Buku
di perpustakaan sekolah juga harus disesuaikan dengan tingkatan usia
dan kemampuan peserta didik secara umum.
Ini dimaksudkan juga agar perpustakaan
dapat dimanfaatkan dengan baik, bayangkan saja jika perpustakaan di
sekolah diisi dengan buku yang tidak relevan dengan materi pembelajaran
atau tidak sesuai tingkatan pendidikan misal disebuah SMP diisi buku
untuk SMA, sangat tidak tepat sasaran, siswa akan kesulitan mencari
sumber referensi lain dan bahkan mencari di luar sekolah, perpustakaan
akhirnya terbengkalai dan tidak mampu dimanfaatkan dengan optimal.
Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa
jenis buku di perpustakaan sekolah tidak seperti perpustakaan umum
dimana semua jenis buku bisa masuk. Suwarno (2011: 60) menyebutkan bahwa
terdapat 2 jenis koleksi buku yang ada di perpustakaan sekolah secara umum. Jenis buku yang ada di perpustakaan sekolah tersebut antara lain:
Buku Bacaan
Buku bacaan merupakan buku yang digunakan
sebagai bahan bacaan. Buku bacaan ini memuat materi-materi serta
referensi yang informatif. Buku bacaan ini dapat dibagi menjadi 3
kategori, antara lain:
- Buku Bacaan Fiksi, buku yang ditulis berdasarkan khayalan pengarang dalam bentuk cerita dan dapat memberikan hiburan, ketenteraman pikiran, dan ketenangan.
- Buku Bacaan Non-Fiksi, buku tentang ilmu pengetahuan dan dimaksudkan untuk menambah pengetahuan para pembacanya.
- Buku Bacaan Fiksi Ilmiah, buku yang ditulis berdasarkan khayalan pengarang dalam bentuk cerita serta juga berdasarkan ilmu pengetahuan yang relevan sehingga mampu mempengaruhi pengembangan daya pikir ilmiah pembaca.
Buku Ilmiah
Buku ilmiah adalah buku yang ditulis dan
dihasilkan dari studi maupun kegiatan ilmiah yang disajikan dalam
berbagai bentuk yang dapat mempengaruhi daya intelektual pembaca. Contoh
buku yang termasuk dalam jenis buku ilmiah ini misalnya laporan
penelitian, jurnal, handbook, buku teks dan sejenisnya.
Kedua jenis buku diatas merupakan jenis
buku-buku yang umumnya digunakan sebagai referensi, sumber belajar atau
bahan ajar dalam pembelajaran. Buku-buku bacaan dan buku-buku ilmiah
merupakan jenis buku yang pantas untuk mengisi rak-rak perpustakaan
sekolah. Pembelajaran akan sangat banyak tertolong dengan adanya
buku-buku dari jenis buku acaan dan buku ilmiah. Guru tidak akan
kesulitan menemukan bahan ajar dan siswa juga mudah mencari sumber belajar dan referensi.
Buku bacaan dan buku ilmiah memberikan
varian dan ragam materi pembelajaran yang sangat lengkap dan banyak.
Namun demikian tentunya bukan tidak mungkin jenis buku lain dimasukkan
dalam perpustakaan sekolah. Namun tetap komposisi utama buku
perpustakaan sekolah diharapkan berasal dari jenis buku bacaan dan buku
ilmiah, buku jenis lain dapat digunakan sebagai pelengkap dan selingan
ketika membutuhkan informasi atau referensi diluar materi pembelajaran.
Untuk
pemesanan atau informasi silahkan hubungi alamat kontak kami :
CV.ASAKA PRIMA | DUTA MEDIA GROUP.
PERCETAKAN & DISTRIBUTOR ALAT LAB & PERAGA PENDIDIKAN.
Jl.Maulana Hasanudin No.52 Cipondoh - Kota Tangerang
021 5570 1397
021 5570 2265
0813.1019.7873
WA.0812.123685.89
WA.0877.7432.4146
0813.8053.7399
www.asakaprima.net
asakaprima@gmail.com
PERCETAKAN & DISTRIBUTOR ALAT LAB & PERAGA PENDIDIKAN.
Jl.Maulana Hasanudin No.52 Cipondoh - Kota Tangerang
021 5570 1397
021 5570 2265
0813.1019.7873
WA.0812.123685.89
WA.0877.7432.4146
0813.8053.7399
www.asakaprima.net
asakaprima@gmail.com